Guruh Fajar Alamsyah
Kemajuan zaman mempengaruhi perkembangan sistem pendidikan, siswa di tuntut aktif dalam mencari pengetahuan. Hal ini dapat didapatkan siswa tidak hanya dengan belajar di sekolah namun juga dengan mengikuti kegiatan belajar di luar sekolah. dengan mengikuti kegiatan belajar di luar sekolah diharapkan mampu memenuhi kebutuhan belajar siswa yang mungkin saja belum didapatkan secara optimal di sekolah. Di kota Sampit sudah cukup banyak dijumpai tempat-tempat bimbingan belajar untuk siswa SD sampai dengan SMA. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kualitas pelayanan yan diberikan oleh lembaga bimbingan belajar terhadap kepuasan siswa di Kota Sampit. Hipotesis pada penelitian ini mengatakan bahwa variabel kualitas pelayanan reliability, responsiveness, assurance, empathy dan tangibles berpengaruh signifikan terhadap kepuasan siswa. Sampel dari penelitian ini sebanyak 85 (delapan puluh lima) siswa SMP – SMA yang mengikuti bimbingan belajar.
Analisis regresi linear berganda dari penelitian ini menghasilkan bahwa hanya variabel reliability dan tangibles yang berpengaruh siginifikan terhadap kepuasan siswa yang mengikuti bimbingan belajar di Sampit.